Obat Terampuh Mengendalikan Kutu Beras

oleh -110 views
obat pembasmi kutu beras
obat pembasmi kutu beras

Obat Pembasmi Kutu Beras – Kutu beras merupakan hama atau serangga pengganggu yang dapat menurunkan kualitas pada beras yang ada di gudang penyimpanan. Walaupun kutu ini aman dan tidak berbahaya jika tertelan, akan tetapi kutu ini sangat menggunggu dan sangat tidak di sukai oleh para petani maupun pedagang beras. Tak hanya itu saja, dengan keberadaan kutu ini dapat menimbulkan kerusakan dan kerugian, sebab kutu-kutu tersebut dapat mengambil nutrisi dari beras sehingga beras tersebut kehilangan aroma alaminya.

Untuk mengendalikan kutu beras dalam gudang penyimpanan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, seperti menggunakan cara alami maupun menggunakan bahan kimia atau obat kutu beras. Dalam artikel ini akan memberikan beberapa cara yang memungkinkan untuk anda agar bisa mengendalikan hama pada gudang penyimpanan beras, berikut ini.

Cara mengendalikan kutu beras menggunakan cara alami

Ada banyak cara untuk bisa mengendalikan kutu beras dengan cepat dan ampuh, anda perlu menggunakan cara alami dalam mengendalikan hama seperti cara dengan manipulasi suhu dan juga menggunakan bahan aromatik yang tidak di sukai oleh kutu tersebut.

Cara mengendalikan kutu beras dengan manipulasi suhu dapat anda lakukan dengan menjemur beras di suhu panas atau dibawah sinar matahari selama beberapa jam. Dari suhu panas inilah yang mampu mengusir kutu yang ada pada beras.

Selain menggunakan sinar matahari dengan suhu yang panas untuk kutu, anda juga dapat mengendalikan kutu beras dengan menggunakan manipulasi suhu yang bisa digunakan dengan cara lain, seperti suhu dingin yang bisa anda gunakan untuk mengendalikan hama atau kutu, anda hanya memasukkan beras ke dalam freezer selama 1 minggu hingga kutu tersebut menghilang.

Sedangkan bahan aromatik dalam mengendalikan kutu beras bisa digunakan bahan-bahan alami seperti daun salam, daun jeruk, kayu manis dan cabai merah kering. Keempat bahan tersebut sangat tidak disukai oleh kutu atau hama lainnya, karena bahan tersebut memiliki aroma yang sangat kuat. Akan tetapi, cara ini sangat rumit untuk mengaplikasikan pada beras dengan jumlah yang cukup banyak, cara ini dapat diaplikasikan khusus untuk skala rumahan saja dengan penyimpanan beras yang tidak banyak.

obat kutu beras
obat kutu beras

Basmi Kutu Beras Menggunakan Obat Kutu Beras

Apabila cara mengendalikan kutu beras tersebut melalui cara alami yang sedikit sulit karena harus menyediakan tempat menjemur, tempat pembekukan dan menyimpan bahan-bahan yang beraroma pada beras apalagi dalam jumlah yang banyak, itulah mengapa para petani memilih menggunakan bahan kimia yang sangat efektif dan praktis dalam mengendalikan hama atau biasa di sebut obat kutu beras.

Dalam mengendalikan kutu beras dengan menggunakan bahan kimia para petani biasanya memilih metode fumigasi yang berubah menjadi gas dalam mengendalikan hama dengan menggunakan bahan kimia sebagai obat kutu beras.

Maka dari itu, anda mesti memilih fumigan yang terbukti ampuh dan juga aman dalam mengendalikan kutu beras dalam gudang penyimpanan. Fumigan dengan bahan aktif methyl bromida yang biasa digunakan untuk fumigasi. Akan tetapi, bahan aktif ini tidak aman untuk digunakan dalam komoditi pangan seperti beras.

Maka dari itu, obat kutu beras fumigan yang cocok dan aman untuk beras yaitu fumigan yang menggunakan fosfin cair yang sangat aman dan tidak meninggalkan residu pada komoditi pangan lainnya seperti beras selama proses fumigasi.

Fumigan yang cocok untuk digunakan dalam komoditi beras yang aman serta ampuh dalam mengendalikan hama yaitu fumigan FUMILIKUID 2 GA pada produk PT. Panca Prima Wijaya. Fumilikuid ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai fumigasi dalam mengendalikan hama kutu beras dalam gudang penyimpanan.

Sebab fumilikuid ini memiliki  kandungan fosfin dan karbondioksida sehingga komoditi beras anda tetap terjaga kualiasnya dan kutu beras pun akan mati hingga ke telur kutu.

Dalam pelaksanaan fumigasi harus benar-benar menyebar luas fumigan yang berbentuk gas ke seluruh ruangan gudang penyimpanan. Sehingga fumigan fumilikuid ini dapat bekerja untuk dapat meracuni kutu beras yang menyerang beras atau benda yang ada di sekitar gudang.

Itulah cara yang efektif dalam mengendalikan kutu beras dalam gudang penyimpanan yang masih menggunakan metode fumigasi obat kutu beras yang terbukti efektif dan aman. Semoga dapat membantu anda dalam memilih obat terbaik untuk mengendalikan kutu beras. (*/dirman)

No More Posts Available.

No more pages to load.