Sering Di Ejek Kurus? Ini Cara Mudah Dan Sehat Menggemukkan Badan

oleh -3.235 views
Gambar Ilustrasi, Sumber Internet

Uklikinfo.com – Walaupun banyak cewek yang ingin terlihat langsing, namun itu tidak semua. Banyak dari cewek yang justru malah sering diejek karena nampak kurus.

Berikut Beberapa Tips menambah berat badan dengan cara sehat yang telah Uklikinfo.com rangkum

Konsumsi Makanan Kaya Karbohidrat dan Lemak

Cara menggemukkan badan dengan alami dan sehat tanpa obat, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat. Banyaknya konsumsi karbohidrat ini bakal memicu lebih banyak asupan kalori yang diperlukan tubuh untuk menambah berat badan. Karbohidrat diubah menjadi glukosa, yang digunakan tubuh Anda untuk menjadi energi. Sementara kandungan glukosa yang tidak digunakan oleh tubuh Anda terutama jika jumlahnya yang banyak akan diubah menjadi lemak dan daging. Sehingga membantu Anda untuk menambah berat badan.

Sumber karbohidrat yang terbilang banyak, mulai dari nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandum, sampai tepung. Namun, seperti juga makanan lainnya, hindari konsumsi secara berlebihan, demi menjaga kesehatan di bagian lain tubuh kita. Selain itu kamu harus memperbanyak konsumsi makanan sehat tinggi nutrisi, seperti buah, sayur, juga kacang-kacangan.

Sumber lemak yang sudah ada pada banyak makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, seperti minyak sayur, santan kelapa, ikan, jagung, dan masih banyak lagi. Namun jangan lupa, tetap perhatikan porsi konsumsi lemak ini, karena jika berlebih juga tak akan baik untuk kesehatan.

Konsumsi Camilan Sehat

Makan lebih sering bukan berarti kita harus mengonsumsi nasi dan lauk-pauknya lima kali sehari. Kamu bisa juga menambahkan camilan di sela kegiatanmu. Di kantor misalnya, kamu bisa menyediakan buah-buahan di meja, agar mudah dijangkau, bahkan saat kamu sedang sibuk bikin laporan di komputer.

Jika bosan dan ingin lebih bervariasi, tak hanya buah, kamu juga bisa pilih makanan lain yang tinggi nutrisi, seperti kacang kedelai. Namun alangkah baiknya jika kamu hindari makanan yang digoreng atau direndam dengan minyak, untuk mengurangi kadar kolesterol.

Konsumsi Protein Berkualitas

Untuk menggemukkan badan dan bikin otot-otot kuat, pilihan sumber protein harus diperhatikan. Kamu bisa mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti telur, daging, ikan, susu, ataupun biji-bijian. Tubuh butuh protein sebanyak 0,8 gram/berat badan (kg)/hari untuk membentuk otot baru. Karenanya, jika konsumsi lebih banyak protein yang berkualitas, maka proses pembentukan otot pun akan berjalan dengan baik.

Jangan Minum Sebelum Makan

Untuk menghindari rasa kenyang datang di awal, usahakan jangan minum air sebelum kamu makan, ladies. Air cenderung bikin kenyang, dan tentu saja akan mengurangi nafsu makan kamu. Lebih baik minum air pada saat makan atau setelahnya. Ini bakal membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Banyak Minum Air Putih

Hampir 70% lebih orang berbadan kurus ternyata kurang cairan tubuh? Padahal air putih punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Air sangat diperlukan untuk pengoperasian berbagai fungsi organ tubuh, termasuk lambung dan usus dalam menyerap nutrisi.

Kebanyakan orang malas minum air putih karena memang seringnya justru bikin mual dan kenyang. Namun, dari jumlah konsumsi air putih yang seharusnya 2 liter per hari itu, kamu bisa membaginya dalam beberapa sesi. Kamu bisa mulai dari bangun tidur di pagi hari, siang, sore, hingga malam.

Konsumsi Jus dan Kunyah Makanan Hingga Halus

Tak hanya makanan saja yang bisa berpengaruh pada berat badan, minum jus juga jadi salah satu cara sehat menggemukkan badan. Atau jika kamu suka susu atau yoghurt, kamu juga bisa bikin smoothies untuk sarapan setiap pagi. Dua minuman ini cocok untuk menggemukkan badan karena nutrisi lebih mudah diserap kalau tekstur makanan lebih halus. Begitu pula jika kamu makan, kunyahlah makanan hingga halus agar usus lebih mudah memproses dan menyerapnya.

Hindari Begadang

Begadang ini adalah musuh besar jika ingin menggemukkan badan. Pada saat begadang tubuh menggunakan energi yang lebih besar dibanding saat beristirahat. Energi tersebut bersumber dari glukosa, padahal glukosa ini bisa tersimpan dalam tubuh untuk membentuk lemak maupun otot.

Tidak ada efek baik dari begadang, justru akan membuat buruk kondisi kesehatan. Parahnya, tak hanya bikin kurus, orang yang lebih sering begadang juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit ganas.

Olahraga Ringan

Olahraga ringan secara rutin merupakan salah satu cara menggemukkan badan dengan alami. Efek yang dibutuhkan yaitu setelah lelah berolahraga, nafsu makan tentu akan meningkat, dan tubuh bisa mendapatkan asupan kalori lebih banyak.

Namun hindari olahraga berat, utamanya olahraga jenis kardio, apalagi kalau proses metabolisme tubuh kamu tergolong cepat. Jika terbiasa melakukan latihan kardio, kamu bisa kasih waktu 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu saja. Kamu juga perlu menghindari gerakan aerobik, seperti bersepeda atau lari. Latihan semacam ini justru bakal mengurangi lemak tubuh yang sebenarnya diperlukan jika ingin menggemukkan badan.

No More Posts Available.

No more pages to load.